Memilih Jasa Travel Terbaik untuk Pulang Kampung: Kriteria yang Harus Dipertimbangkan

Memilih Jasa Travel Terbaik untuk Pulang Kampung: Kriteria yang Harus Dipertimbangkan

Saat ingin pulang kampunn atau bepergian ke luar kota, menggunakan jasa travel mungkin bisa menjadi opsi terbaik untuk kamu agar bisa memperoleh pengalaman jalan-jalan yang seru.

Biasanya pihak travel akan memberikan kamu sepaket perjalanan ke tempat-tempat popular di daereah yang ingin Anda kunjungi. Bahkan pihak travel juga tidak segan memberikan Anda tour guide untuk menemani perjalanan kamu.

Itulah kenapa jasa travel bisa menjadi pilihan kamu agar merancang rencana perjalanan yang mengasyikkan. Pastikan kamu memilih jasa travel yang tepat.

Berikut ini beberapa kriteria jasa travel yang bagus untuk kamu jika kamu ingin pulang kampung bulan ini.

1. Memiliki Jaringan Luas

Pilihlah jasa travel yang memiliki jaringan yang luas. Dengan memiliki banyak relasi, maka memudahkan kamu untuk menikmati masa liburan.

Biasanya jasa travel akan bekerja sama dengan tour guide lokal, sehingga membuat paket jasa travel yang disediakannya menjadi lebih menarik.

Tour guide lokal akan mengajak kamu ke tempat wisata tersembunyi yang mungkin tidak dapat ditemukan di internet, karena tentu tour guide lokal tersebut lebih memahami daerah tempat kamu berkunjung.

2. Cari Tahu Lokasi Travel Agent

Bisnis travel agent memang dapat mudah ditemukan lewat internet, tapi tetap saja kamu perlu memastikan keberadaan kantor travel agent ttersebut.

Tujuannya agar kamu bisa memastikan sendiri, melakukan survey mengenia kondisi kendaraan travel agent tersebut. Kamu juga dapat bertanya lebih lengkap kepada customer service.

Jika di internet, kamu bisa mengecek rating dan testimoni yang diberikan pelanggannya.  Lihat juga Media Sosial yang dimiliki travel agent tersebut.

Dengan mencari tahu lebih banyak soal travel agent, maka kamu meminimalisir risiko mengalami kerugian karena ditinggal pergi atau penipuan.

3. Keterbukaan

Perhatikan apakah travel agent yang kamu pilih memiliki keterbukaan, dan rincian data yang transparan saat kamu melakukan pembayaran.

Mereka harus terbuka tentang harga serta fasilitas apa saja yang akan kamu dapatkan, agar lebih jelas. Jangan sampai saat kamu memperoleh keterangan fasilitas, namun saat sudah sampai di tempat tidak sesuai dengan ekspektasi.

Sebagai contoh, mereka akan menjabarkan detil paketnya dengan sangat jelas. Mereka juga tidak akan menutup-nutupi harga ataupun syarat dan ketentuan yang berlaku.

4. Pemilihan Penginapan

Saat travel agent sudah memberikan fasilitas full board, kamu harus cek lebih detail lagi mengenai tempat penginapan yang ditawarkan dan dimana tepatnya tempat penginapan tersebut.

Apalagi jika kamu membawa anak-anak, yang cenderung lebih aktif dan skua bermain, pasti kurang cocok jika diajak tinggal di hostel yang terlalu sempit.

Sebaiknya kamu memastikan sekali lagi seperti apa fasilitas penginapan yang disediakan oleh pihak travel agent. Banyak kejadian, jika terjadi miskomunikasi mengenai keterangan tempat penginapan yang dipahami oleh customer dengan kenyataan yang ada. Saat sudah sampai di tempat , hanya bisa kecewa saja.

Beda cerita jika kamu membawa seorang lansia yang sulit untuk naik tangga. Usahakan pilih tempat penginapan yang memiliki lift.

5. Responsif

Travel agent yang bagus akan sangat responsif terhadap customer-nya. Responsif artinya cepat tanggap dalam melayani klien, baik melalui email, telepon, maupun live chat.

Klien akan merasa senang dan puas jika travel agent dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan menjawab semua keluh kesah pelanggan.

Jika ada masalah, travel agen ini bisa dengan langsung membereskannya, sehingga para klien tak perlu merasa gusar jika perjalanan atau liburan mereka ada yang bermasalah.

Hal ini membuktikan bahwa mereka tidak akan kabur dan siap membantu kliennya dalam kesulitan dan masalah apapun.

6. Jangan Tergiur Harga Travel Murah dan Banyak Promo

Menawarkan harga murah, diskon, promo, dan lainnya sering kali menjadi godaan bagi kita. Meskipun demikian, kita harus tetap berhati-hati.

Jangan terjebak oleh penawaran menarik, harga yang sangat murah, dan diskon besar yang diberikan. Lakukan pengecekan ulang dan perhatikan harga yang ditawarkan sebanding dengan fasilitas yang diberikan. Jika tidak masuk akal, sebaiknya Anda tinggalkan penawaran tersebut.

7. Pastikan Pihak Travel Menyediakan Semua yang Kamu Butuhkan

Setelah menemukan agen perjalanan yang terpercaya, Anda dapat memilih paket perjalanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika Anda berlibur bersama keluarga, termasuk anak-anak atau orang tua, lebih baik memilih paket perjalanan yang nyaman dan sudah mencakup semua fasilitas (full board). Ini termasuk tiket perjalanan, akomodasi, pemandu wisata, makanan dan minuman, serta transportasi selama di destinasi wisata.

Hal ini perlu diperhatikan dengan baik karena berlibur bersama keluarga bisa menjadi lebih rumit. Terlebih lagi jika Anda membawa anak-anak atau orang tua. Pastikan semua kebutuhan tersedia sehingga Anda tidak perlu khawatir selama berada di lokasi.

8. Memiliki Rencana Perjalanan yang Jelas

Hal yang sangat penting dalam liburan adalah itinerary atau rencana perjalanan yang akan dilakukan. Saat berlibur bersama keluarga, prioritaskan kebutuhan keluarga yang ikut serta dan hindari bersikap egois.

Jika Anda membawa anak kecil, pastikan itinerary atau rencana perjalanan yang disiapkan oleh agen perjalanan mencakup destinasi yang disukai oleh si kecil, seperti theme park seperti Disneyland, Universal Studios, waterpark, dan lain-lain.

Sementara itu, jika berlibur bersama orang tua, pilihlah destinasi wisata yang santai dan tidak terlalu banyak aktivitas fisik. Destinasi wisata sejarah atau kunjungan ke candi biasanya menarik bagi orang tua.

Pesan Travel Untuk Perjalanan Anda Sekarang Juga